Apa si Kulit Crazy Horse Leather itu?

Jika belum pernah mendengar dengan kulit crazy horse pasti akan disangka kulit kuda. No, bukan kulit kuda.

Crazy horse adalah kulit sapi juga, cuma karena hasil akhirnya seperti pelana kuda, jadi dinamakan demikian. Terkesan tua, rustic dan vintage. Mudah tergores sehingga meninggalkan jejak goresan yang unik. Inilah keunikan kulit ini dibanding kulit2 yang lain. Pemakaian tiap org berbeda2, sehingga tidak ada yang sama

Tapi jangan khawatir guyz, goresan ini bisa berkurang dengan cara diusap2 dg tangan. 

Semakin dipakai semakin bagus, krn semakin mengkilap.

Jenis kulit crazy horse salah satu yang high end dan harganya lumayan mahal. Karena mempunyai ketahanan yang tinggi untuk jenis kulitnya.

Kulit crazy horse diproduksi dengan menambahkan spesial wax ke permukaan kulit full grain/top grain/ genuine atau suede  yang telah dihaluskan dan menimbulkan efek antik.

 

 Kulit ini jg mempunyai beberapa grade, seperti gambar dibawah ini.

jenis kulit asli

FULL GRAIN
Grade tertinggi adalah full grain. Lapisan terluar dari kulit dan paling awet.
full grain crazy horse

dompet kulit pria crazy horse

Foto diatas adalah contoh dompet kulit full grain dan ketika kita gores kulitnya akan seperti ini. Tampak halus, dan mudah tergores.

TOP GRAIN

Selain itu ada lagi dibawah full grain, ada bagian top grain. Harga top grain lebih murah dari full grain, dan biasanya dipakai untuk tas karena memerlukan bahan yang cukup banyak.

Contoh kulit top grain seperti tas ini :

tas pria kulit asli ishiya

tas selempang pria kulit asli crazy horse ishiya

Terlihat mirip seperti full grain dan jg bisa tergores, cuma jika dipegang berbeda. Full grain terasa lebih halus jika dipegang.

GENUINE LEATHER
Ada lagi yang dibawahnya lagi jenis genuine leather.

Genuine leather jika diartikan dalam bahasa indonesia adalah kulit asli. Tetapi arti sebenarnya bukan itu untuk kulit. Jika anda melihat dimall2 ditulis genuine leather, artinya adalah campuran dari kulit asli dan bahan sintetis. Harga lebih murah dari kedua tipe diatas. 

Jenis crazy horse dg bahan genuine leather terlihat lebih glossy, dan goresannya tidak terlalu tampak karena dicampur dg bahan sintetis supaya menyerupai kulit crazy horse. Tapi sekilas tetap terlihat sama.
Contoh dompet dengan genuine leather:

dompet kulit asli

Terlihat mirip bukan dg full grain dan top grain.

Ada lagi jenis dibawahnya lagi, tapi tidak kita jelaskan disini. 


0 comments

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published